Kamis, 16 Oktober 2008

Tips Aman Menggunakan Friendster

Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas bahaya" jejaring sosial sekarang saya ingin berbagi tips untuk menggunakan situs jejaring sosial khususnya Friendster,,oke kita mulai...
 1. User diharuskan teliti dalam melihat URL yang ada pada Web browser pada saat login.URL FS sendiri adalah http://www.friendster.com bukan yang lain,(ada teknik hacking yang bisa menredirect kita ke situs palsu yang menyerupai situs yang asli(phising attack)).
 2. Lakukan cek ulang terhadap HTML yang ad pada login page apabila diminta login ulang pastikan berbasis php:http://www.friendster.com/login.php .
 3. Jangan pernah melakukan download file apapun di saat melihat testimonial dari teman(testimonial/comment adalah cara ampuh untuk melancarkan serangan hacking di FS).
 4. Perhatikan shoutout dari setiap teman yang ingin teman" lihat profilenya(biasanya ada tulisan seperti tag HTML sebelum shoutout itu sendiri)guna menghindari virus worm "saviour of the soul".
 5. Gunakan password berbeda untuk account tman" di internet.
 6. Gunakan password dengan minimal 12 karakter jika memungkinkan.
 7. Gunakan kombinasi angka + huruf.
 8. Gunakan karakter %$#@!*&) jika memungkinkan.
 9. Jauhi penggunaan secret question pada sistem hotmail maupun Gmail yang bisa dijawab menggunakan info yang anda tulis di profile teman". 
 10. Jauhi penggunaan alamat maupun nomor telpn serta bebrapa informasi tidak relevan lainnya sebagai ajang bercanda di testimonial(comment).Jika harus gunakan private message *ingat comment dapat dilihat secara umum(jangan terbawa kebiasaan SMS)
 11. Intinya pisahkan kegiatan ber Friendster menurut tingkat kepentingannya(private/publik dll)
yupp,segitu sepertinya cukup untuk membuat aman account kita dari tangan" jahil..para hacker atau cracker.

tetaplah "aware" kawan..
cau,,

Tidak ada komentar: